Subscribe RSS
Cara cepat mengcopy Folder menggunakan klik kanan… Mar 15

Mengcopy / menyalin file atau folder dari media penyimpanan (storage, mis: Flashdisk/Harddisk eksternal) ke komputer atau sebaliknya bisa dilakukan dengan cara manual seperti umumnya yaitu dengan memilih menu copy dan paste pada tempat tujuan, pada kesempatan kali ini kita coba akan membahas cara termudah atau tercepat dalam melakukan proses copy / menyalin file.


Langsung saja!!, jika kita ingin menyalin / mengcopy file dari komputer ke media penyimpanan misalnya flashdisk bisa langsung kita lakukan dengan membuka terlebih dahulu windows explore dan memilih file/folder kemudian klik kanan pilih send to, seperti tampilan berikut ini :


Tanpa perlu memilih menu Copy kemudian mem-Paste di Flashdisk tentunya dengan cara ini (send to) merupakan cara tercepat untuk menyalin atau mengcopy data ke flashdisk. Langkah diatas itu merupakan cara untuk mengcopy data ke flashdisk, sekarang bisa gak kira-kira kita mengcopy data dari flashdisk ke komputer dengan cara seperti diatas?? Jawabannya BISA.

Yang akan kita lakukan adalah dengan sedikit mengutak-atik pada Folder Sendto di Windows, folder sendto biasanya terletak pada alamat C:\Documents and Settings\Firaysm\SendTo (Ini Contoh berbeda tiap komputer) dan juga biasanya folder sendto ini di-hidden (disembunyikan) Windows, kita bisa membukanya dengan cara pilih di Windows Explore à Tools à Folder Option akan muncul kotak dialog seperti berikut ini :

Pilih tab View kemudian pilih Show Hidden files anda Folders, ini berguna untuk menampilkan data yang disembunyikan oleh windows.

Setelah selesai pengaturan pilih OK, langkah selanjutnya adalah dengan cara mencari folder sendto yang dimaksud.

Selain menggunakan cara diatas kita bisa mengakses folder sendto dengan cara: memilih Start – RUN (Windows + R) tampilannya seperti berikut:


Langsung masukkan sendto pada pilihan Open, klik OK atau langsung Enter.


Inilah tampilan dari folder sendto yang akan kita gunakan selanjutnya.

Setelah berhasil mengakses folder sendto langkah selanjutnya adalah membuat shortcut dari folder yang digunakan sebagai objek tujuan pengcopyan (tempatnya paste).

misalnya kita akan memilih Drive E (musik) sebagai tujuan pengcopyan kita. Dengan cara klik kanan pada drive E (Musik) pilih copy.

Buka kembali folder sendto, klik kanan pilih Paste Shortcut. Ubah nama shortcut tersebut sesuai dengan kehendak anda.

Langkah selesai anda bisa mengetesnya dengan cara pilih data yang akan dimasukkan kedalam drive E (musik), klik kanan pilih sendto à arahkan ke Musik, file akan langsung masuk ke drive E (musik) dengan cepat.

anda bisa membuat shortcut yang lain dengan cara seperti diatas, selain shortcut pada drive anda juga bisa membuat shortcut pada folder-folder tertentu yang sering anda gunakan misalnya folder : game, lagu, dokumen dll.


Category: Tips Komputer  | Tags: , ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in