Subscribe RSS
Cara mengetik Formulir Excel dengan cepat Apr 07

Mungkin selama ini kita sering berhubungan formulir misalnya saja formulir pembuatan NPWP, SPT, SIM, KTP dan lain-lain, biasanya formulir itu berbentuk kotak-kotak dan untuk mengisinya satu kotak untuk satu karakter atau huruf, yang akan saya terangkan disini adalah bagaimana caranya misalnya kita mengisi formulir tersebut dengan memakai komputer, biasanya aplikasi yang digunakan Excel karena dengan Excel sangat mudah dalam mengelola tabel baik itu kolom atau baris, seperti contoh berikut ini.

Untuk mengisi formulir tersebut menggunakan Excel maka biasanya dengan cara manual misalnya satu Cell diisi 1 karakter / huruf sampai selesai, mungkin tidak terasa kalau yang diketikkan itu 1 atau 2 macam formulir saja tapi bagaimana jika yang dikerjakan tersebut itu puluhan bahkan sampai ratusan formulir tentu akan menyita waktu yang lama, sebenarnya dengan memanfaatkan rumus Excel kita dengan mudah bisa mengetik kata dan langsung otomatis kata tersebut akan diurai atau dipecah menjadi 1 karakter untuk dimasukkan dalam cell yang disediakan.


OK langsung saja kita kerjakan disini kita akan memanfaatkan rumus MID yang ada di Excel, rumus MID digunakan untuk membaca dan mengambil data dari suatu cell. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Persiapkan Excel (boleh 2003 atau 2007)
  2. Buatlah data-data contoh misal seperti dibawah ini atau langsung saja masukkan data-data yang ada di formulir ke Excel berikut :


  1. Pada Cell B4 masukkan rumus =MID($A4;B$2;1)

    Keterangan :

  • =MID($A4;B$2;1) artinya akan membaca dan mengambil data sebanyak 1 karakter untuk 1 cell
  • $A4 (Membaca data dari cell A4, $A artinya mengunci Kolom A supaya tidak berubah bila rumusnya nanti didrag / ditarik)
  • B$2 (Huruf keberapa yang dibaca, $2 artinya mengunci baris ke 2 supaya tidak berubah bila rumusnya nanti didrag / ditarik)
  • 1 (hanya membaca 1 karakter saja)

  1. Jika yang anda masukkan adalah tanggal atau nomor handphone maka harus anda tambahkan tanda kemudian baru memasukkan tanggal atau nomor handphone, ini dikarenakan excel akan secara otomatis merubah tanggal kedalam format angka, dan nomor handphone yang biasanya diawali dengan 0 itu akan langsung hilang karena angka 0 didepan angka tersebut tidak dikenal dalam Excel, oleh karena itu supaya hasil yang kita masukkan sama dengan hasil akhirnya maka tambahkan tanda sebelum mengetik tanggal dan nomor handphone.

  2. Setelah masukkan rumus tersebut maka akan keluar pada cell B4 adalah huruf B, selanjutnya tinggal anda tarik hasil tersebut ke kanan setelah itu tarik ke bawah.


  3. Hasil dari rumus yang kita buat ini bisa langsung kita masukkan pada formulir aslinya dengan cara diblok semua karakter yang ada dalam masing-masing cell à
    tekan copy
    à Paste Special pilih Paste Values data akan ditampilkan dan sekarang sudah tidak mengandung rumus lagi.
  4. Langkah selesai.


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in